Prakata

Penyelenggaraan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di bidang Penanaman Modal oleh pemerintah kabupaten dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Kabupaten bidang Penanaman Modal (PDKPM).

Perangkat daerah dimaksud adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jepara. Penyelenggaraan PTSP di bidang Penanaman Modal adalah dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti dan terjangkau.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk menyatukan proses pengelolaan pelayanan baik yang bersifat pelayanan perizinan dan Non Perizinan. Guna mewujudkan terlaksananya Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal di Kabupaten Jepara, maka Pemerintah Kabupaten Jepara menerbitkan Peraturan Daerah Kabupaten Jepara Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Jepara, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jepara, mengemban 3 (tiga) fungsi Penanaman Modal yaitu fungsi promosi, fungsi pelayanan perizinan dan fungsi pengawasan pengendalian Penanaman Modal.