Pesona Keindahan di Antara Rindang Pohon Pinus

0
33
Pinus Festival Batealit 2019.
Pinus Festival Batealit 2019.

 

JEPARA – Rindang bersih dan sejuk adalah suasana yang bisa menggambarkan Hutan Pinus Setro (Tines), di Dukuh Setro, Desa Batealit, Kecamatan Batealit. Dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan, hutan milik perhutani ini terus jadi viral di media sosial, dan menjadikannya incaran bagi para netizen.

Bukan sekedar tempat wisata alam nan menarik, yang menawarkan keindahan alam khas pegunungan. Tetapi baru-baru ini sejumlah komunitas dan pemuda desa setempat, sukses mengangkat potensi budaya dan wisata melalui ajang “Pinus Festival Batealit 2019”. Beragam atraksi seni dan budaya asli Jepara, berupa musik dan tarian serta berbagai macam pementasan, ditampilkan pada acara ini.

Berada di ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan laut, pengunjung mengaku puas dengan hiburan yang tersaji di panggung unik Pinus Festival. Karena selain tersaji apik, konsep panggungnya pun terbuka menyatu dengan alam, baik kontruksi hingga dekorasinya yang memanfaatkan sumber daya alam sekitar.

Salah satunya adalah Diki Kurniawan. Bersama teman-temannya, ia sengaja datang ke Pinus Festival Batealit untuk merasakan keseruan acara. Meski bukan pengalaman pertama dia naik ke Tines, bentangan alam yang asri dan tersaji membuatnya ingin kembali menikmatinya.

Saat acara berlangsung, pengunjung juga dimanjakan dengan hadirnya jajanan masa lalu, di stan-stan yang sejak kemarin telah berdiri. Uniknya untuk berbelanja disini, pengunjung harus menukarkan uang mereka dengan uang khusus, yang terbuat dari potongan batang pohon pinus.

“Semua kegiatan transaksi kita pakainya sistem uang koin, yang dapat ditukar di pintu masuk,” ujar Afif Qomarudin, selaku ketua panitia acara.

Menurut dia, pinus Festival Batealit 2019 yang perdana digelar pada 25 Agustus lalu, rencananya akan menjadi agenda rutin tahunan. Sehingga dapat menambah jumlah kunjungan wisata ke Jepara. Hadirnya kegiatan ini merupakan salah satu upaya, untuk memberdayakan ekonomi masyarakat setempat. (DiskominfoJepara/AchPr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here