Pemerintah Gelontorkan 8 Miliar Untuk Landasan Pacu Dewandaru

0
47
Pesawat NAM Air di landasan Bandara Dewandaru.
Pesawat NAM Air di landasan Bandara Dewandaru.

JEPARA – Pemerintah pusat maupun daerah memberikan perhatian lebih bagi perkembangan pariwisata di Karimunjawa Jepara. Buktinya, tahun ini saja, melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akan menggelontorkan dana sebesar Rp8 miliar untuk penambahan landasan pacu Bandara Dewandaru, yang ada di Desa Kemojan, Kecamatan Karimunjawa. Diharapkan dengan penambahan landasan pacu, daya tampung penumpang pesawat juga bisa bertambah.

“Dari yang sebelumnya, landasan pacu hanya 1200 meter, dengan ditambah 200 meter lagi di tahun 2019, akan menjadi 1400 meter,” ungkap Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, dalam kunjungannya ke Karimunjawa, baru-baru ini.

Andi berharap penambahan landansan pacu ini semakin meningkatkan kapasitas bandara. Meski belum bisa digunakan untuk mendarat pesawat ukuran besar, namun penambahan ini setidaknya sudah bisa memberi dampak positif untuk penerbangan ke Karimunjawa Jepara.

“Ini merupakan sinyal positif, jalur tranportasi alternatif melalui jalur udara semakin terbuka lebar,” katanya.

Selama ini pesawat yang bisa landing di Dewandaru adalah pesawat jenis ATR 72. Itupun tidak bisa dengan kapasitas penuh, karena panjang landasannya belum sepenuhnya siap. Penambahan landasan pacu ini nanti akan berdampak ke situ. Pesawat ATR 72 yang biasa terbang ke Karimunjawa sebenarnya berkapasitas 72 penumpang. Dari Semarang bisa mengangkut penumpang dengan kapasitas penuh. Namun saat meninggalkan Karimunjawa, karena landasan pacu Dewandaru tidak mencukupi, biasanya hanya diisi maksimal 50 penumpang.

Dengan diperpanjangnya landasan pacu Dewandaru, diharapkan kapasitas penumpang yang diangkut dari Karimunjawa bisa maksimal. Sehingga tidak perlu lagi ada wisatawan yang harus tertunda kepulangannya, karena keterbatasan kapasitas penumpang.

Kepala Bagian Keuangan Setda Jepara Subiyanto menyatakan anggaran sebesar Rp8 miliar tersebut nantinya akan digunakan untuk pematangan lahan serta pembuatan landasan pacu di Bandara Dewandaru. Selain itu, rencananya juga akan dilakukan perluasan untuk terminal penumpang. Penambangan panjang landasan pacu dan perluasan terminal penumpang diharapkan akan bisa menambah kenyamanan wisatwan yang akan datang ke Karimunjawa.

“Kami terus berkomunikasi dengan pusat, mudah-mudahan akhir tahun sudah selesai,” katanya. (DiskominfoJepara/Dian)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here